Tema Tahun Ajaran

Tema Tahun Ajaran 2021/2022

  • Korintus 15: 58

“Karena itu, saudara-saudaraku yang terkasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia”.

 

          Bapak Ibu, bahwa dalam melaksanakan pekerjaan Tuhan, keter- bukaan hati, ketulusan hati sebagai dasar kita dalam belarasa tetap harus kita olah. Bagaimana kita bisa membina keterbukaan mata hati, agar bisa melayani sesama dengan baik. Maka dibutuhkan satu visi yang sama untuk bisa kita wujudnyatakan dengan penuh kesetiaan dan pengorbanan secara utuh penuh menyeluruh. Komunitas pendidikan yang transformatif dan menumbuhkan kemerdekaan berpikir demi terwujudnya sekolah yang unggul, peduli, dan melayani. Itu adalah visi kita yang harus diperjuangkan pelaksanaannya. Maka Santo Paulus mengingatkan kita bahwa sebagai orang Kristiani, jerih payah kita dalam bekerja tidak akan pernah sia-sia. Kita pasti akan mendapatkan hasilnya. Oleh karena itu, kita harus tetap teguh dalam pekerjaan kita dan giat mengerjakannya. Ingatlah bahwa apapun pekerjaan kita harus kita lakukan dengan sungguh-sungguh, itu seharusnya menjadi pekerjaan untuk kemuliaan nama Tuhan. Pekerjaan kita menjadi bentuk pelayanan dan sebagai wujud nyata iman dengan mempersembahkan waktu, hati dan hidup karya kita dalam sembah sujud di hadirat Tuhan.

 

Maka dalam menjalankan aksi, kita lengkapi dengan sikap:

  1. Keterbukaan hati dalam menjalin komunikasi yang intensif dengan yang illahi dan juga sesama kita. Hatinya lepas bebas, tidak lekat-pekat pada kemapanan dan kekayaan dunia. Di sinilah kita diajak membina keterbukaan mata hati kita agar menjadi pelita tubuh yang terang bersama para kudus, sehingga hidup kita pun menjadi terang bagi sesama.
  2. Ketulusan hati dan afektif yakni perasaan yang suci dan murni sebagai dasar sikap berbelarasa terhadap sesama. Dan di sinilah kita diajarkan semangat kesadaran diri dan kerendahan hati yang terus terolah.
  3. Kepedulian terhadap kebutuhan dasar sesama. Hal ini sesuai dengan visi kita, Komunitas Pendidikan yang transformatif dan menumbuhkan kemerdekaan berpikir demi terwujudnya sekolah yang unggul, peduli dan melayani. Lebih ditekankan lagi dalam misi yang kedua yaitu: Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menumbuhkan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Bapak Ibu di sini kita diajak melakukan hal-hal kecil dan sederhana secara nyata sebagai wujud kepedulian kita ter- hadap sesama demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan jiwa.
  4. Kesetiaan dan pengorbanan secara utuh penuh dan menyeluruh, yakni meninggalkan kesementaraan demi Allah. Mari kita berjuang untuk mencari dan menemukan harta surgawi. Tetap semangat menjalankan tugas perutusan dan panggilan di Yayasan Kanisius

Tema Tahun Ajaran 2019/2020

Tema Yayasan Kanisius Cabang Yogyakarta Tahun Ajaran 2019-2020

BORN TO FIGHT (Lahir untuk Berjuang):

  • Berjuang menjadi cerdas, melawan pembodohan.
  • Berjuang menjadi pendoa yang reflektif, melawan pendangkalan hidup.
  • Berjuang menjadi toleran, melawan radikalisme.
  • Berjuang memelihara Ibu Bumi, melawan pengrusakan lingkungan.
  • Berjuang menjadi solider dan murah hati, melawan pemiskinan dan keserakahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

YAYASAN KANISIUS YOGYAKARTA- Jl. Bintaran Kidul No. 7 , Telp. (0274) 373280, e- mail : ykcy1918@yahoo.com | copyright – kanisiusyogyakarta.org 2018, supported by hokinesia