SMP Kanisius Wonosari

SMP Kanisius Wonosari.
Belajar Nilai Patriot dari Veteran.

Momentum 17-an sangat penting bagi sekolah. Selain memperingati hari kemerdekaan, juga untuk menanamkan nilai-nilai kecintaan pada tanah air. Pada ulang tahun kemerdekaan yang ke-74 ini, beberapa agenda sudah disiapkan, di antaranya adalah:
1. SMP Kanisius Wonosari melaksanakan penanaman nilai-nilai kebangsaan dengan menghadirkan anggota Legiun Veteran. Kehadiran pelaku sejarah diharapkan sungguh menghadirkan roh dan semangat juang. Semangat patriot cinta tanah air dan pantang menyerah, perlu diwariskan pada generasi masa kini, sehingga bisa dilanjutkan pada generasi yang akan datang.

2. Melaksanakan tabur bunga di makam pejuang yang biasa disebut Pahlawan tak dikenal. Ini bertujuan memberitahukan pada anak-anak, agar ketika mereka melihat makam yang di atasnya ada lambang bambu runcing dan merah putih, mereka tahu, bahwa beliau yang disemayamkan di situ pernah ikut berjuang membela bangsa dan negara, merebut kemerdekaan. Sehingga tumbuh rasa terima kasih atas pengorbanan mereka. Memang tidak dilaksanakan di taman makam pahlawan dengan alasan karena jarak, selain itu sekedar berbagi, biasanya di TMP banyak dikunjungi, sedang beliau yang dimakamkan di tempat umum seperti ini, jarang mendapat perhatian umum.

“Semoga dengan ini anak-anak bisa belajar untuk menghargai siapapun yang telah turut berjuang, yang nyata-nyata sangat kita nikmati hasilnya, yaitu kemerdekaan”.

Selain itu sekolah juga mengadakan lomba-lomba antar regu, yang semuanya bertujuan meningkatkan semangat juang dan internalisasi nasionalisme.

YAYASAN KANISIUS YOGYAKARTA- Jl. Bintaran Kidul No. 7 , Telp. (0274) 373280, e- mail : ykcy1918@yahoo.com | copyright – kanisiusyogyakarta.org 2018, supported by hokinesia