100 TAHUN YAYASAN KANISIUS

Tahun 2018 ini Yayasan Kanisius genap berusia 100 tahun. Untuk mensyukuri dan merayakannya, panitia menyelenggarakan beraneka ragam kegiatan yang dibingkai oleh tema besar “Kanisius Semakin di Hati Anak Indonesia”. Di Kanisius Cabang Yogyakarta sendiri, rangkaian kegiatannya sudah dimulai sejak Juli 2017, dan akan mencapai puncaknya pada September 2018. Apa saja kegiatan-kegiatan tersebut?

 

Misa dan tabur bunga di makam Romo Strater SJ

 

Romo Strater SJ adalah pendiri dan pejuang sekolah-sekolah Kanisius di Yogyakarta. Beliau meninggal pada 19 Juni 1944, dan dimakamkan di Celeban, Yogyakarta. Untuk mengenang dan menghormati hidup dan perjuangannya, pada 10 Oktober 2017 diselenggarakan misa kudus yang diikuti oleh guru dan karyawan Yayasan Kanisius Yogyakarta. Misa dipimpin oleh Romo Vincentius Istanto Pramuja SJ didampingi oleh Romo Antonius Padua Danang Bramasti SJ dan Romo Agustinus Mintara SJ. Selesai misa, dilanjutkan acara tabur bunga di atas pusara Romo Strater SJ. Romo Istanto dalam homilinya berharap agar semangat juang Romo Strater SJ menginspirasi dan mengobarkan semangat guru dan karyawan dalam mendidik anak-anak yang belajar di sekolah-sekolah Kanisius.

 

Lomba mewarnai dan lomba paduan suara

 

Acara ini diadakan pada 28 Oktober 2017 bertempat area PT Kanisius Yogyakarta. Peserta lomba mewarnai adalah murid-murid TK Kanisius se-Yogyakarta. Lomba mewarnai dilaksanakan di halaman berumput PT Kanisius. Sedangkan lomba paduan suara terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori siswa-siswi SD Kanisius se-Yogyakarta dan kategori guru-karyawan SD Kanisius se-Yogyakarta. Lomba paduan suara diadakan di Ruang Kepodang PT Kanisius. Selain sebagai ungkapan syukur, kegiatan lomba mewarna dan paduan suara ini juga sebagai sarana untuk mengekspresikan talenta yang dimiliki oleh guru, karyawan maupun murid Kanisius.

 

Seminar pendidikan

Tema yang diangkat adalah “Peranan Sekolah Swasta Katolik dalam Mencerdaskan Anak Bangsa Indonesia dan Menumbuhkan Komunitas Cinta Kasih yang Bhinneka Tunggal Ika”. Acara ini diselenggarakan pada 24 November 2017 di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Guru sekaligus dalam rangka merayakan ulang tahun satu abad Yayasan Kanisius. Hadir sebagai narasumber: Zuhairi Misrawi (cendekiawan muda Nahdatul Ulama), dan Romo In Nugroho Budisantoso SJ (wakil rektor Universitas Sanata Dharma). Moderatornya Yulia Sri Prihartini (pengawas dinas pendidikan Kabupaten Sleman). Sebagai peserta, diundang para praktisi pendidikan baik dari sekolah-sekolah Kanisius maupun sekolah Katolik lainnya di seluruh Yogyakarta.

 

Senam Bhinneka Nusantara dan Donor Darah

 

Kedua acara ini diadakan pada waktu yang sama, tanggal 20 Januari 2018. Acara senam diadakan di lapangan Realino, sedangkan donor darah di area Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma. Kegiatan senam dibagi menjadi dua bagian, pertama adalah lomba senam Nusantara yang diikuti oleh perwakilan dari KSK (Komunitas Sekolah Kanisius), dan kedua senam Nusantara bersama seluruh guru dan karyawan Yayasan Kanisius Cabang Yogyakarta. Selain sehat dan bergembira berkat senam bersama, acara ini juga ingin mengungkapkan kepedulian sosial melalui donor darah. Para peserta disegarkan oleh senam, digembirakan oleh banyaknya doorprize, dan diajak untuk mempertajam kepekaan untuk membantu sesamanya.

 

Jambore Penggalang Kanisius

 

Peserta jambore adalah anak-anak penggalang kelas 5 dan 6 dari SD Kanisius seluruh Yogyakarta. Bersama dengan panitia dan pembinanya, jumlahnya lebih dari 1000 orang. Jambore Penggalang Kanisius ini diselenggarakan pada 8-10 Maret 2018, bertempat di Bumi Perkemahan Rama Shinta, kompleks Candi Prambanan. Acara dibuka dengan misa kudus dengan selebran utama Romo Suharjanto SJ (Socius Provinsial), didampingi Romo Azismardopo SJ (PT Kanisius), Romo Istanto Pramuja SJ (Ketua Yayasan Kanisius), Romo Hartana SJ (dosen Universitas Sanata Dharma dan pencinta Kanisius), dan Romo Mintara SJ (Direktur Kanisius Cabang Yogyakarta). Selain mengikuti berbagai acara kepramukaan, para peserta juga diberi kesempatan menyaksikan sendratari Ramayana di teater tertutup kompleks Candi Prambanan. Bagi banyak peserta, terutama guru dan karyawan Kanisius, nonton sendratari Ramayana ini merupakan kesempatan pertama kali dan menjadi sebuah kesempatan yang langka, amat berkesan dan bermakna.

 

Lomba Kebahasaan

 

Bertepatan dengan Hari Kartini, tanggal 21 April 2018, panitia 100 tahun Kanisius mengadakan lomba kebahasaan untuk para murid SD Kanisius se-Yogyakarta, bertempat di TK-SD Kanisius Kotabaru. Ada tiga kategori lomba, yaitu: pidato Bahasa Jawa, pidato Bahasa Indonesia, dan story telling (bercerita dalam Bahasa Inggris). Peserta lomba merupakan perwakilan dari KSK, yang sebelumnya menjadi juara pada babak penyisihan yang diselenggarakan di masing-masing wilayah KSK. Selain untuk bersyukur, lomba kebahasaan ini bertujuan untuk mempertebal rasa cinta budaya Indonesia sejak dini dalam diri anak-anak Kanisius.

 

Seminar Parenting

 

Tidak hanya untuk murid, guru dan karyawan, panitia 100 tahun Yayasan Kanisius juga menyelenggarakan acara untuk orangtua dan wali murid. Orangtua bukan sekedar mitra, tetapi pemeran utama dan pendidik utama anak-anak. Untuk menyatukan persepsi dan pemahaman dalam bersama-sama mendidik anak, maka pada 5 Mei 2018 diadakan seminar parenting dengan tema “Orangtua Hebat Mendidik dengan Cinta”, bertempat di Ruang Koendjono Universitas Sanata Dharma. Seminar ini disambut antusias, terbukti sekitar 250 orangtua dan wali murid hadir memenuhi undangan panita. Dihadirkan sebagai pembicara: Bapak Stefanus Rizal Rejadi (Awareness Activator dari Jakarta) dan Ibu Elizabeth Wahyu Margareth Indira (psikolog LPT Talenta dari Semarang).

 

Kanisius Family Gathering

 

Diselenggarakan pada Sabtu, 30 Juni 2018, di area PT Kanisius Deresan, acara Kanisius Family Gathering yang baru pertama kalinya ini berjalan dengan ramai, meriah, dan menggembirakan. Para guru dan karyawan Kanisius DIY beserta keluarganya merasakan suasana kekeluargaan yang penuh kegembiraan. Tidak hanya mempererat keakraban keluarga masing-masing, acara ini juga memungkinkan antar keluarga saling mengenal. Dipandu oleh para staf PT Kanisius, para guru-karyawan beserta anggota keluarga inti ini diajak untuk menikmati lomba membuat kapal Kanisius dari barang bekas, lomba finger painting, berbagai permainan dan pentas seni. Dan yang makin membuat senang, panitia menyediakan banyak doorprize untuk para peserta. Acara yang berlangsung rileks ini justru mengena, berkesan dan bermakna. Mereka bahkan berharap acara Kanisius Family Gathering ini bisa diadakan secara rutin, bukan hanya pada momen perayaan 100 tahun Kanisius.

 

Kanisius Peduli Gunungkidul

 

Menanggapi kekeringan yang melanda warga Gunungkidul, panitia 100 Tahun Yayasan Kanisius bersama seluruh kepala TK-SD-SMP Kanisius se-Yogyakarta sepakat untuk mengulurkan tangan memberikan bantuan berupa air bersih. Mulai tanggal 11 Juli 2018, dan beberapa hari sesudahnya, dikirimkan secara bertahap bantuan sebanyak 50 tangki bagi warga Tepus dan 50 tangki bagi warga Girisubo. Sumbangan kecil ini adalah wujud syukur sekaligus kepedulian keluarga besar Yayasan Kanisius Cabang Yogyakarta bagi sesama yang sedang menderita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YAYASAN KANISIUS YOGYAKARTA- Jl. Bintaran Kidul No. 7 , Telp. (0274) 373280, e- mail : ykcy1918@yahoo.com | copyright – kanisiusyogyakarta.org 2018, supported by hokinesia